Kiat Terbaik Supaya Sholat Jadi Khusuk

Dzikri
Advertisement


 

Sebagai Umat Muslim tertentu saja yang namanya sholat merupakan sesuatu yang harus kita lakukan, Bagaimanapun Kondisi kita . Karena ini memang merupakan kekuatan kita untuk terus memupuk iman dan takwa kita kepada Allah SWT.

Karena saking di wajibkanya sholat kita maka tidak ada toleransi bagi kita untuk mengerjakannya ,meskipun dalam kondisi apapun.Kalau misalkan kondisi kita dalam keadaan sakit hingga tidak bisa berdiri maka lakukanlah sholat dengan cara duduk, kalau tidak bisa dengan cara duduk maka lakukanlah dengan cara merebahkan badan terlentang ,kalau itupun tidak bisa maka lakukanlah dengan cara mengedipkan mata.seperti itulah ketentuan sholat untuk agama islam.

Sholat merupakan sesuatu yang wajib dan ini unik, Kenapa saya katakan Unik ? Karena memang untuk kewajiban lain selain sholat untuk yang beragama islam seperti contoh nya :

Jakat 
Kalau kita tidak mampu mengeluarkanya maka allah SWT tidak memaksa kita untuk mengeluarkanya, bahkan kita kalau seperti itu di katagorikan justru yang wajib menerima jakat yaitu katagori miskin.terus lagi yang termasuk rukun islam yaitu dengan melaksanakan puasa.

Puasa.
Maka sama halnya dengan jakat kalau kita tidak mampu berpuasa degan kondisi tertentu misalnya maka kita tidak di wajibkan untuk melaksanakannya dengan ketentuan bahwa kita wajib mengkodhonya yaitu berpuasa untuk menutupi udzur kita yang pada waktu puasa kita dalam keadaan sakit atau Keadaan  lain yang tidak memungkinkan kita untuk mengerjakannya.
Terus lagi Yang termasuk rukun islam adalah dengan menunaikanya Ibadah Haji.

Ibadah haji
Inipun sama halnya dengan jakat,puasa ,kalau kita tidak mampu biaya untuk melaksanakanya maka kita tidak di wajibkan untuk berangkat haji.dan tuhan tidak memurkai kita karena kita tidak menunaikan ibadah haji,karena memang kondisi kita tidak memungkinkan.

Nah dari  contoh rukun islam yang 3 poin diatas masih ada toleransi untuk tidak mengerjakanya karena kondisi darurat,lain halnya dengan sholat ,bagaimanapun kondisi kita mau dalam kondisi lapar,sakit,dalam perang sekalipun kita di wajibkan untuk mengerjakan solat. karena memang sholat adalah tiangnya agama.kalau segala kebaikan kita lakukan tapi tidak mengerjakan sholat rasanya itu akan sia-sia saja dalam pandangan hukum islam. Oleh karena itu maka marilah kita jaga sholat kita agar senantiasa kita dalam lindungan dan berkah dari allah SWT.amin.

                                             

Dalam postingan saya kali ini saya akan coba berbagi kepada anda bagaimana agar sholat kita senantisa khusu dalam mengerjakanya ,

Kiat-kiat sholat khusuk adalah sebagai berikut :

1. SELALU INGAT DAN RENUNGI ,TENTANG KEMATIAN KITA YANG BEGITU DEKAT   
    SEOLAH-OLAH KITA AKAN MATI BESOK.

Lakukan hal ini sejenak sebelum kita sholat rasakan ,jiwai perasaan itu jagan terburu-buru untuk melakukan sholat kita berdiri dulu sejenak untuk merenungkan bahwa kita pasti mati,Bayangkan bahwa kalau seandainya kita mati dalam kondisi tidak membawa iman dan islam kita karena kita sedang melakukan hal-hal yang di larang oleh aga,kita sedang melakukan maksiat...terus bayangkan oleh kita bahwa ketika mati itu justru sesuatu baru di mulai disitu,kalau kita mati sebagai muslim tentu ini merupakan hal yang sangat baik surga menanti kita , dan kekal di dalamnya.

Tapi sebaliknya, renungkan saudaraku bagaimana kalau kita mati dalam keadaan maksiat atau sedang melakukan hal-hal yang di larang oleh agama tentu ini merupakan awal siksa yang pedih bagi kita.siksa yang tiada akhir, siksa yang tidak bisa kita bayangkan pedihnya di kala kita masih berada di dunia. Dalam Kondisi seperti ini siapa yang akan menolong kita ? 
Harta kita kah...?
Yang selalu kita urus sampai-sampai kita lupa bahwa waktu sholat  sudah tiba.
atau Mungkin Bos Kita kah Yang bisa menolong kita ?
Sampai-sampai kita lebih memperhatikan perintahnya di bandingkan dengan perintah allah swt.
Tentu saja semua itu tidak akan bisa menolong kita.Yang bisa menolong kita hanya keimanan dan ketakwaan kita , salah satunya sholat kita.

Saudaraku lakukan renungan ini sebelum anda sholat sampai air mata kita mengalir deras tak terbendung lagi.

2. BAYANGKAN KALAU INI ADALAH SHOLAT KITA YANG TERAKHIR .

Renungkan sejenak sebelum kita lakukan sholat sambil berdiri bahwa ini merupakan sholat terakhir kita,nanti,esok dan seterusnya kita tiddak bisa melakukanya lagi karena nyawa kita sudah di cabut oleh alloh swt.terus bayangkan hal ini sebelum anda sholat.

3. SELALU MERENUNGI SIFAT-SIFAT ALLAH SWT.
( Allah maha melihat,mendengarkan sholat kita )

Renungkan dan yakini bahwa kita melakukna sholat ini sedang di perhatikan oleh allah SWT ,kita sedang di perhatikan oleh tuhan yang menciptakan kita,yang memberikan kita segala bentuk kenikmatan yang sudah kita rasakan di dunia ini.Maka kalau kita merenungkan ini saya yakin kita tidak akan melaksanakan sholat dengan cara yang sepele,misalnya dengan hanya memakai sarung yang di ikat sampai dada karena kita melakukan sholat dalam kondisi gerah, kita pun tidak akan melaksanakan sholat dengan cara cepat seperti lagi d uber-uber harimau karena memang kita merasakan sholat kita sedang di perhatikan oleh alloh swt.
Seperti halnya anda mau ketemu presiden atau bos kita atau misalnya seseorang yang kitta hormati.tentu kita akan melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya dari mulai pakaian,ucapan bahkan mungkin tempatpun kita atur sendiri.

Begitu juga ini kita kan melakukan sholat, kita akan berhadapan dengan tuhan semesta alam yang menciptakan makhluk dan seisinya yang memberikan rizki kepada makhluknya.masa iya rasa horat kita kalah sama makhluk lain yang justru merupakan ciptaanya.

Mana yang lebih ada hormati . Penciptanya atau yang di ciptakanya ? anda tahu sendiri jawabanya.
Renungkan hal ini sebelum anda sholat.

4. BERUSAHALAH MEMAHAMI ISI BACAAN SHOLAT LALU RESAPILAH ISINYA...

Dalam hal ini mungkin kita sebagai umat muslim yang tingkat keimananya masih rendah agak kesulitan dalam melaksanakannya tapi usahakan kita bisa melakukanya.sering-seringlah melaksanakan pengajian agar kita selalu terisi ilmu kita dalam agama islam.

5. SENANTIASA BERDO'A MEMOHON KEKHUSUAN DALAM MELAKSANAKAN SHOLAT.

Ini penting sekali, sebelum sholat kita berdoa agar supaya kita di beri kekhusuan dalam sholat , senantiasa di jauhkan dari goadaan saitan yang menggoda kita dan di jauhkan dari hal-hal yang membatalkan sholat.Kalau anda tidak bisa berdo'a dalam bahasa arab anda berdoa dalam bahasa anda sendiri saja,toh allah SWT maha mengetahui dari apa yang anda ucapkan baik dalam hati atau lisan anda.

Akhirnya saya berdoa semoga saja kita bisa melaksanakan ibadah yang sebenar-benarnya kepada allah SWT, khususnya dalam meaksanakan sholat. Agar kita bisa menjadi insan yang selalu di berkahi  dan di beri hidayah oleh allah swt agar kita bisa selamat di dunia dan akhirat. amin ..

Sekian saja share saya kali ini semoga bermanfaat, kritik dan saran anda yang membangun saya tunggu di kolom komentar. Terimakasih Wassalam.....

0 comments:

Post a Comment

Translate